Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Advertisement

Panduan Instalasi Perangkat Keras Jaringan Komputer

Panduan Instalasi Perangkat Keras Jaringan Komputer | Gerobak Tutorial 

Sebelum mulai bekerja, siapkan waktu untuk merancang jaringan komputer yang akan Anda bangun. Itu jika membangun jaringan komputer untuk pemakaian sendiri di rumah misalnya.

Jika anda bekerja untuk membuat jaringan kantor atau laboratorium komputer sekolah, maka anda tinggal melihat jaringan seperti apa permintaan mereka. Diandaikan bahwa kita akan membangun jaringan komputer dengan diagram seperti di bawah ini;
Skema jaringan yang akan dibangun
Gambar 3.1: Skema jaringan yang akan dibangun



Dalam mengerjakan jaringan seperti diatas, apa kesimpulan sementara kita?
1) Pada gambar diatas akses jaringan ke internet dikontrol sepenuhnya oleh Komputer Server yang bertindak sebagai gateway.
2) Jika akses jaringan ke internet bisa dilakukan secara mandiri, hubungan hub dengan router bisa diputus dan hubungan modem ke Server dipindahkan ke modem denganrouter. Mana yang anda pilih?
3) Jaringan komputer diatas terbagi 2 kelompok utama yaitu jaringan wireless dan wired. Anda bisa mengabaikan salah satu kelompok itu jika tidak dibutuhkan.
4) Komponen yang ada dalam jaringan di atas adalah : Server, modem, router, Stand alone access point, switch, hub, print server dan komputer klien.
5) Untuk jaringan wired, topology yang digunakan adalah Star yang diperluas dengan Topology Tree.

Dalam kasus lain jika hanya ingin membuat jaringan dengan koneksi wireless bebas, anda bisa memilih seperti gambar di bawah ini; 
Skema jaringan wireless sederhana
Gambar 3.2: Skema jaringan wireless sederhana

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Iklan

Close x