Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Advertisement

Tutorial Cara Flash HP Lengkap

Tutorial Cara Flash HP | Ilmu Service HP 


1. Pengertian Cell Phone Flashing

Jika  Anda  seperti  kebanyakan  orang  memiliki  ponsel,  Anda  akan  tidak  tetap  dengan operator  yang  sama  selamanya.  Bila  Anda mengubah  operator,  Anda  memerlukan  ponsel yang  akan  bekerja  pada  jaringan  mereka  sehingga  Anda  memiliki  dua  pilihan,  membeli telepon melalui operator baru atau solusi yang ditempuh kebanyakan orang adalah dengan tetap  menggunakan  telepon Anda saat ini tetapi dengan  melakukan flashing. Flashing juga disebut sebagai pemrograman ulang. Anda juga dapat membawa ponsel ke berbagai dealer ponsel  berwenang  untuk melakukannya  untuk Anda,  tetapi  Anda dapat  belajar  bagaimana melakukan  flash  sendiri.  Untuk  pemakai  ponsel  di Indonesi  kebanyakan  flashing  dilakukan karena kerusakan pada system operasi ponsel saja, bukan karena peralihan operator.

Ada dua jenis flash; full flash dan flash parsial. Full flash adalah menulis ulang seluruh sistem operasi  ponsel  (mirip  sebagaimana  Anda  menginstal  windows  pada  komputer).  Flashable berarti  meskipun  disebut  ROM  adalah  mungkin  untuk  diformat  ulang  seperti  ketika menginstal, mengubah, atau meng-upgrade OS. Full flash akan menghapus semua data yang tersimpan (kontak,  foto,  txts, dll  ..  )  dan pengaturan,  namun  teknisi  profesional akan tahu bagaimana cara membuat cadangan dan memulihkan semua data Anda dan kadang-kadang bahkan pengaturan ponsel. OS datang sebagai apa yang disebut monster pack, untuk ponsel biasa,  atau  image  ROM  untuk  PDA/Smart  phone.  Teknisi  ponsel  umumnya  memiliki perangkat lunak  yang memungkinkan  mereka untuk mengakses telepon Anda pada  tingkat hardware melalui kabel usb sehingga OS dapat ditulis ulang ke ROM ponsel. 

Sebuah  flash  parsial  adalah  ketika  Anda  pada  dasarnya  hanya  memprogram  ulang  ponsel untuk  tersambung  ke  operator  yang  berbed. Ini  kadang-kadang  bisa  sesederhana mengakses  menu  layanan  ponsel  Anda  untuk  memasukkan  informasi  yang  benar,  tetapi biasanya membutuhkan flashing yaitu apa yang disebut Prefeed Roaming List atau prl file.


Ini  adalah  daftar  dari  sel  tower  ID  operator  yang  ingin  anda  gunakan  jaringannya.  Partial flashing hanya memprogram ulang ponsel Anda pada pengaturan teknis sehingga terhubung ke  operator  yang  Anda  inginkan.  Flash  parsial  tidak menulis  ulang  sistem  perangkat  lunak pada ponsel Anda.

Seberapa sulit melakukannya?
Ada  beberapa  program  flashing  ponsel  di  luar  sana  yang  dapat  didownload  dan  lengkap dengan  panduannya  untuk  melakukan  pemrograman  ulang  ponsel  Anda  untuk  digunakan pada banyak operator lain. Jika Anda memiliki pengetahuan komputer dasar dan kabel USB hampir  hamper  pasti  anda  bisa  melakukan  flashing  atau  memprogram  ulang  ponsel. Program Flashing anda mungkin tidak sama video persis tetapi Anda akan mendapatkan ide.

Anda harus  mampu  menyelesaikan proses dalam waktu  sekitar sepuluh sampai  lima  belas menit sekali setup. Anda akan Flashing ponsel CDMA ke operator CDMA.

Apa yang anda perlukan untuk melakukan flashing ponsel?
1. Software Flashing yang dapat anda download.
2. Kabel USB untuk ponsel yang akan Anda flashing
3. Sebuah komputer  dengan  minimal Windows  XP,  atau yang  lebih  baru  dengan  USB Port.
4. Sebuah akun jaringan ponsel CDMA.

Ada  dua  jaringan utama  bagi  operator  ponsel  yaitu  GSM  atau  (  Global  System  for  Mobile Communications).  Contohnya  adalah  Telkomsel,  Indosat,  XL,  Hutchison  3  (Tri)  Indonesia, Pasifik  Satelit  Nusantara  (PSN).  Ponsel  GSM  memiliki  chip  SIM  di  bawah  baterai.  Jaringan kedua disebut CDMA atau Code Division Multiple Access. Contohnya adalah Bakrie Telecom,  Telkomsel, Indosat,  Telkom,  Sampoerna  Telekom,  Smartfren Telecom dan  banyak  lainnya.

Ponsel  pada  jaringan  CDMA  tidak  dikontrol  oleh  kartu  SIM  dan  dapat  dipindahkan  atau melintas ke operator baru.

2. Persiapan Melakukan Flashing

Sebelum  melakukan  flashing Ponsel, ada beberapa hal yang lebih  awal  harus anda siapkan. Dalam contoh ini kita mengambil flashing tipe Nokia ponsel.

1) Software Flasher (Dongle/Box)

Ada  banyak  sekali  Software  Flasher  yang  beredar  saat  ini  dari  yang  luar  negeri sampai  ciptaan  dalam  negeri  (local).  Bahkan  ada  alat  flasher  dari  indonesia  yang sudah  mendunia, MX-Key  adalah contohnya. Dulu  MX-Key tidak sebesar sekarang, banyak yang meragukan kemampuan Mx-Key tapi sekarang dunia mengakuinya.

Di bawah ini beberapa contoh Software/alat Flasher Nokia

Phoenix ( Nokia Inc.)
Software ini merupakan software resmi dari nokia ,  kemampuannya sangat  luar biasa,  namun  jika  alat/dongel  nya  original,  kalo  crack  masih  banyak kekurangannya. Dan saya pernah memakainya waktu saya kerja di NCC, mantab surantap  dah  nih  alat.  Namun  sayangnya  teknisi  disana  masih  kurang  paham akan kemampuannya.

Mx-key (by Alim Hape )
Mx-key  by  Alim,  merupakan  software  yang  Most  powerful.  Hebatnya  lagi buatan anak Indonesia. Official Resmi Mx-Key » Klik Disini«

Infinity Box Nokia (by Best Infinity )
Ini dia Software yang katanya paling bagus saat ini, secara keseluruhan saya belum pernah mencobanya, tapi versi cracknya memang lumayan bagus. Official  web  Resmi dari Infinity Box

J.A.F (Just Another Flasher)
Software  JAF  dulu  pernah  berjaya,  namun  sekarang  sudah  jauh  dari  masa kejayaannya.  Meskipun  kenyataannya  begitu,  tapi  menurut  saya  software  ini masuk dalam  kategori legenda  Best  Software,  karena  dulu  ada  fasilitas by-pas flashing. Kepanjangan dari J.A.F sendiri juga fenomenal buat saya..!!

ATF (by Advance Team)
Ini adalah Software yang paling fenomenal menurut saya, karena kecepatannya dalam  proses  flashing  dan  fasilitas  yang  ada  didalamnya  membuat  takjub, walaupun  masih  banyak  flasher  dibuat  bingung  fasilitasnya,  tapi  overall  ATF merupakan alat yang wajib anda miliki!! Official Resmi ATF » Klik Disini «

UFS (by SARASOFT)
UFS  dari  Sarasoft  ini  juga  legenda  alat  flashing,  sampai  sekarang  masih  tetap bertahan,  karena  eksistensinya  ini  banyak  dari  tukang  flash  masih menggunakannya. Selain gampang pengoprasiannya alat ini tidak mudah rewel. Paling awet menurut saya.

2) Firmware ( File Flasher )

Firmware adalah file yang akan digunakan untuk Flashing, atau kalau dalam dunia komputer bisa disebut OS (Operating System). Didalam Firmware ada file :

MCU : File System
PPM : File Bahasa/ Region
CNT : Content, atau aplikasi bawaan Nokia
Untuk  isi  file  tergantung  dari  type handphone  yang  bersangkutan,  karena  ada yang  berisi hanya 2 file sampai 6 file. Karena disini jsaya mengambil semua type Nokia maka nanti akan saya  perlihatkan  bagaimana  memilih  Firmware  sesuai  dengan  type  handphone yang  akan anda Flash/Program Ulang.

3) Security ( System Keamanan pada Nokia )

Nokia merupakan raksasa didunia HP jadi tidak mungkin jika Nokia tidak mempunyai System Keamanan  yang  rumit.  Nokia  Mempunyai  sistem  security  pada  File  RPL  dan  PM,  yang  di enkripsi berupa  nomor  IMEI. ada 3 jenis  security  pada Nokia  dan itu  tergantung  dari  jenis handphoneya.

SL1 (Simlock 1). Ini adalah system keamanan pada hanphone lama ex: N71, N73 dan semua N Series. Letak Simlocknya pada RPL dan PM 1, 308, 309

SL2 (Simlock 2). Ini adalah system keamanan pada handphone  5220, 5130, dan hampir  semua  Seri  Xpress  Music.  Letak  Simlocknya  pada  RPL  dan  PM 1,120,308,309

SL3  (Simlock  3).  Ini  dia  momok  sampai  sekarang,  karena  untuk  bisa memecahkan security  harus  menggunakan bruteforce, Ex  : Hampir semua type nokia terbaru kecuali variant DCT4 Setidaknya itulah dasar-dasar untuk memulai cara flash hp nokia, jika minimal sudah paham maka anda sudah siap untuk selanjutnya, yaitu cara Download Firmware Nokia.

3. Cara Download Firmware Flashing Ponsel

1. Mengetahui Kode Produk Nokia

Karena  tutorial  ini  untuk  semua  type  handphone  nokia,  maka  saya  akan memperlihatkan  cara mencari Firmware sesuai dengan handphone yang akan anda Flash.  Nokia  mempunyai  kode  produk  yang  berbeda-beda  pada  tiap  typenya,  dan jika  handphone  anda  masih  bisa  nyala  bisa  anda  lihat  kode  produk  dengan  cara menuliskan  kode *#0000# Saya  menggunakan  Nokia  E51  dan  hasilnya  seperti gambar dibawah ini.

Mengetahui Kode Produk Nokia

Keterangan  diatas,  yang  sebelah  kiri  handphone  masih  bisa  menyala  maka  akan keluar  tampilan  seperti  itu,  namun  jika  handphone  dalam  kondisi  mati  anda  bisa membuka  tutup  baterai  dibelakang  dan  melihat  kode  type  handphone  seperti gambar  yang  kanan.  Yang  perlu  anda  perhatikan  disini  adalah  tanda  yang  diberi kotak,  disitu  ada  tulisan RM-244 itu  adalah  kode  produk  dari  HP  nokia  E51,  dan tulisan  angka  410.34.001  itu  adalah  versi  softwarenya  saat  ini.  Namun  jika handphone  dalam  kondisi  mati  anda  tidak  akan  tahu  berapa  versi  software handphone  tersebut,  dan  yang  anda  lakukan  adalah  mendownload  versi  software yang paling terakhir.

4. Cara Mendownload Firmware Berdasarkan Kode Produk

Link Alternatif Donwload Firmware Nokia mrcrab.net Klik Disini . Saya prefer ke link mrcrab.net  karena menurut  saya lebih mudah.  Oke  begini langkah-langkahnya. Klik Link di atas maka anda akan masuk ke tampilan Firmware Nokia, perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mendownload Firmware Berdasarkan Kode Produk


Inilah  kegunaan  kita  melihat  kode Produk  dari  handphone  nokia,  dan  seperti  yang kita ketahui tadi  nokia E51 saya mempunyai kode RM-244 maka itu yang akan  kita pilih,  karena dibawahnya juga  ada  Nokia E51  dengan  RM-426  tentu  itu  tidak  akan cocok.  Oke  untuk  melanjutkan  Klik  Link  pada  Nokia  yang  akan  kita  download firmwarenya. Perhatikan gambar dibawah ini.

download firmwarenya

Setelah  anda  klik  Link  Nokia  maka  selanjutnya  anda  memilih  region  bahasa  yangakan  anda  gunakan,  karena  anda  ingin  bahasa  indonesia  maka  pilih  Firmware dengan  kalimat  yang  ada Indonesia nya  atau  biasanya  APAC  3,  APAC  X,  SEAP  X, APAC singkatan dari Asia Pasific dan angka 3 adalah region yang masuk ke kategori 3 dan  indonesia  juga  termasuk.  Anda  juga  bisa  memasukkan  bahasa  yang  lainnya, semisal bahasa Arab, namun bahasa indonesia anda akan hilang. Setelah itu Klik Link

Firmware yang anda pilih( Salah satu saja ). Selanjutnya perhatikan gambar dibawah ini.

Versi Firmware

Gambar  diatas  adalah  Versi  Firmware  mana  yang  akan  anda  pilih,  jadi  pilihlah firmware  dengan v ersi  yang  paling  tinggi seperti yang  saya  beri  kotak merah.  Klik link tersebut dan perhatikan gambar dibawah ini. klik satu per satu link tesebut, tunggu hingga download selesai.

firmware dengan versi yang paling tinggi

Tata Letak Firmware yang Benar


Setelah  donwload  selesai  yang  perlu  anda  lakukan  adalah  memindahkan  file tersebut  ke  satu  folder  dengan  Nama  RM-211,  atau  terserah  anda  yang  penting ingat  di  mana  menaruhnya.  Jika  anda  lebih  profesional  lagi  maka  buatlah  folder seperti saya ini.

D://program files/nokia/phoenix/product/
Folder diatas memang belum ada di Drive anda, maka Anda harus membuat folder sendiri “Make new folder”   sesuai dengan urutan diatas, kenapa ditaruh di Drive D?? itu  karena  jika anda menaruh di Drive C dan anda menginstal ulang  PC anda, maka fila  flash  itu akan  hilang,  jadi  lebih  aman di  taruh  di  drive  D,  dan  langkah  ini  akan memudahkan anda untuk metode Flashing.

Cara Flash HP Nokia Tanpa BOX

Seperti yang anda ketahui dari awal saya menjelaskan beberapa Box atau alat yang digunakan  untuk  memflashing  HP  nokia,  dan  semua  itu  dongle  berbayar.  Namun sesuai  judul  artikel saya  disini  maka  saya  akan  memberikan  materi  Flashing  tanpa box alias gratisan.. Bagaimana caranya?? ini dia cara flash hp nokia versi saya..!!

Download Software Flasher Infinity Best by Sanjeev
Aplikasi ini Free atau versi Crack klik link berikut » Klik disini «Selesai download, extract dan  instal dan ikuti langkahnya, untuk folder tetap  ikuti  aturannya  saja tidak masalah.

Download Aplikasi Nokia PC Suite
Untuk  proses  flashing  menggunakan  USB  maka  anda  membutuhkan  aplikasi Nokia PC suite untuk Menginstal Driver  Handphone tersebut. Dan  ini  Untuk  All Type Nokia Klik Link berikut untuk mendownload » Nokia PC Suite «

Langkah-langkah Flashing Nokia
Jalankan Aplikasi  Infinity Best yang tadi anda download dan lakukan setting seperti tampilan  dibawah  ini.  Cara  flash  hp  nokia  ini  lebih  gampang  jika  anda  melakukan persis dengan tutorial yang saya berikan.

Aplikasi Infinity Best

Setting  Active  Directory  seperti  langkah diatas,  sesuaikan  dengan  letak  Drive  pada komputer anda, jangan lupa  menaruh  File Firmware pada  Folder Products tersebut Tutorial ini mengunakan HP nokia E51 RM-244 lihat gambar dibawah.
HP nokia E51 RM-244

Dan semua file firmware yang tadi anda download semuanya masuk ke folder RM-

Selanjutnya  hubungkan  Ponselnokia  anda  ke  PC  melalui  usb  port  dan  biarkan komputer  anda  menginstal  driver  nokia  tersebut,  jika  handphone  anda  dikenali maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini. 

menginstal driver nokia

Masuk ke Tab Flashing yang saya kasih kotak biru, pastikan “Use INI” tercentang, kemudan klik “Check” maka keluar tampilan pada kotak angka 3, sebelum anda men klik “FL SH” pastikan  Backup  pada  kotak  no  4  sudah  tercentang.  Tarik  Napas  dan klik “FL SH”. Gambar Dibawah ini adalah proses ketika Flashing hingga selesai.

FLASH

Dan  itulah  tampilan  terakhir  jika  proses  flashing  sudah  selesai.  Posisi  handphone setelah flashing adalah local mode, maka selanjutnya tinggal anda cabut baterai dan nyalakan ulang seperti biasa.
flashing sudah selesai

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Iklan

Close x