Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Advertisement

Sejarah Penemuan Dan Perkembangan Ponsel

Sejarah Penemuan Dan Perkembangan Ponsel | Ilmu Service HP - Ingat  seperti  hidup  anda sebelum  sebelum  menggunakan  iPhone  Anda?  Sebelum  ada smartphone  seukuran telapak  tangan dengan fitur yang  tampaknya  hamper tak  terhingga, ada  ponsel  seperti  Motorola  RAZR  yang  dengan kamera  yang  tertanam.  Sebelum  itu,  ada ponsel flip sederhana dengan kemampuan SMS dan beberapa fasilitas

Sejarah Penemuan Dan Perkembangan Ponsel

Ponsel telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mungkin suatu hari bahkan ponsel akan  ditekuk  seperti  sepotong  plastik  tipis.  Mungkin  Anda  bahkan  tidak  perlu menyentuhnya,  melakukan  semua  implan  multitasking  Anda  dengan  selular.  Tapi  tujuh puluh  tahun yang lalu, Anda akan mengeluarkan ratusan  ribu  (sesuai  nilai  uang waktu  itu) untuk membeli telepon 'portabel' telepon, dengan jangkauan sangat terbatas 5 mil. Dan sekarang, sejarah mencatat prestasi ponsel, dari aplikasi militer sampai aplikasi mobile. Alexander Graham Bell pasti akan bangga.

1. SCR-194 (1938)
Alat komunasi ini adalah neneknya ponsel. SCR-194 dan SCR-195  adalah  radio AM portable pertama  di  dunia.  Ia  dibuat  oleh  US  ARMY  Signal  Corps  Engineering  Laboratories  di  Fort Monmouth,  New  Jersey.  Alat  yang  dipandang  sebagai  walkie  talkie  pertama  itu  bobotnya sekitar 11 kg dan berdaya jangkau 8 km.

2. SCR-300 (1940)
Alat ini adalah pengganti SCR-195. Dikembangkan oleh Motorola, SCR-300 merupakan radio FM portabel yang digunakan oleh pasukan sekutu pada perang dunia II. Bobotnya antara 14- 17 kg, dengan radius jangkauan 4,8 km.

3. SCR-536 (1942)
Motorola  memproduksi  'handie  talkie'  ini  untuk  AS,  sebagai  pengembangan  dari  dua  alat komunikasi sebelumnya. Dengan menggunakan teknologi radio AM, SCR-536 beratnya  jauh lebih ringan, yakni hanya 2,27 kg dengan daya jangkau 1,6 km.

4. MTA (1956)
Mobile  System  A  (MTA)  ini  adalah  perangkat  komunikasi besutan  Ericsson  dan  digunakan oleh Swedia. Bobotnya 40 kg atau setara dengan bobot 300 unit ponsel iPhone.

5. DYNATAC (1973)
DYNATAC (1973)

Motorola  membuat  prototipe  telepon  portabel  Dynamic  Adaptive  Total  Area  Coverage (DYNATAC)  sebagai  ponsel  pribadi  praktis  pertama.  Di  gambar,  bekas  Wakil  Presiden Motorola Martin Cooper tengah menelepon pesaingnya dari Bell Labs, Joel S Engel.

6. DynaTAC (1983)
Sepuluh tahun setelah kemunculan prototipe DynaTAC, Motorola mulai memasarkan ponsel ini  ke  publik.  Dengan  bobot  seberat  0,9  kg, DYNATAC  bekerja  di  jaringan  teknologi  AMPS, layanan selular analog generasi pertama di Amerika Utara.

7. MicroTAC (1989)
MicroTAC (1989)

Motorola memperkenalkan MicroTAC yang merupakan desain ponsel flip pertama di dunia. Desain ini  mengurangi ukuran  ponsel  saat  tidak  digunakan.  Dengan  ukurannya  yang  kecil. MicroTAC juga merupakan ponsel saku pertama di dunia.

8. StarTAC (1996)
Melanjutkan  lini  TAC-nya,  Motorola  kemudian  meluncurkan  ponsel  clamshell  pertama bernama StarTAC yang  bisa dilipat  seperti  cangkang kerang. Menurut  Motorola,  ponsel ini terinspirasi oleh perangkat komunikasi yang muncul pada film serial Star Trek.

9. Communicator (1997)
Communicator (1997)

Nokia  9000  Communicator  adalah  ponsel  yang  membawa  pengguna memasuki  era ponsel pintar  atau  smartphone.  Dengan  desain  clamshell-nya,  ponsel  ini  yang  pertama menyediakan layar LCD serta papan kunci QWERTY yang utuh.

10. Benefon (1999)
Geosentric  merupakan  vendor  ponsel  pertama  yang  membuat  ponsel  yang  terintegrasi dengan  perangkat  GPS.  Tak  cuma  itu,  ponsel  bernama  Benefon  ini  tahan  cipratan  air, menggunakan  greyscale,  serta  menyediakan  peta  untuk  melacak  posisi  dan  pergerakan pengguna.

11. VP-201 (1999)
VP-201 (1999)

Di  Jepang,  Kyocera  meluncurkan  ponsel  VP-201  yang  merupakan  ponsel  pertama  yang memiliki kamera terintegrasi.

12. BlackBerry 5810 (2002)
RIM meluncurkan perangkat BlackBerry pertama yang terintegrasi dengan ponsel. Ini adalah ponsel  yang  menyasar  pengguna  profesional  yang  membutuhkan  layanan  email  seketika dan penyesuaian skedul. Kelemahannya, perangkat ini tak punya speaker dan mikrofon.

13. iPhone (2007)
iPhone (2007)

Steve Jobs mulai mengenalkan  Apple  iPhone pada 2007, sebuah ponsel pintar revolusioner yang menggunakan layar sentuh sekaligus mengadopsi teknologi 3G.
14. HTC EVO 4G (2010)

Ponsel ini  adalah  ponsel pertama yang mengadopsi standar 4G, dan beroperasi  di jaringan WiMAX.  Dengan  sistem  operas  Android  2.1,  ia  merupakan  ponsel  berlayar  sentuh  paling besar,  kamera  8  MP,  perekam  video  definisi  tinggi,  keluaran  HDMI,  fitur  Mobile  Hotspot, dan antar muka HTC Sense.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Iklan

Close x