Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Advertisement

Mengidentifikasi Simbol dan Layout Pada Schematic dan PCB

Mengidentifikasi Simbol dan Layout Pada Schematic dan PCB | Ilmu Service HP - Karena  kita  berbicara  tentang  rangkaian  ponsel,  kita  akan  menangani  hanya  pada  simbol yang  digunakan  di  ponsel,  tidak  seperti  di  beberapa  komponen  elektronik  utama  yang memiliki banyak  simbol komponen.  Sebagian  besar,  karena sirkuit  ponsel  memiliki  banyak Integrated  Circuit (IC) yang  berarti  sirkuit  menjadi Integrated  Circuit yang  lebih kecil untuk diproduksi, penyimpan dan ruang yang sangat kecil untuk menempatkan sambungan sirkuit besar menjadi satu bagian kecil  dari sirkuit. Saya telah  memasukkan Layout masing-masing komponen dan seperti apa hal  itu terlihat dipasang pada PCB (Printed Circuit  Board) untuk lebih baik dan cara termudah memahami.

1. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Resistor

Simbol Resistor, Anda dapat melihat bahwa ia diberi label dimulai dengan huruf ''R'' makna bagi Resistance dan diikuti oleh ''Mounted Code'' , kode ini merupakan nomor resistor untuk memudahkan  identifikasi  dan  pencarian  di  seluruh  struktur  papan  PCB.  Kemudian,  juga tentu  saja  Nilai  Resistance  untuk  prosedur  pengujian  dan  pemeriksaan,  seperti  misalnya'' R4400  =  47K''  itu  berarti  bahwa  Resistor  nomor  4400  terhubung  pada  nilai  rangkaian tertentu yaitu 47K atau 47000 ohm. Dengan cara itu kita dapat dengan mudah melacak dan dan menguji komponen dengan menggunakan tester multi-meter.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Resistor

Ada dua jenis yang ditunjukkan dalam sini, yang pertama adalah Fixed Resistor atau Resistor Tetap  dan  yang  lain  disebut  Termistor  Resistor  atau  Thermal.  Termistor  atau  Thermal resistor  adalah  resistor  variabel,  berarti  nilai  resistansinya  dapat  diubah.  Termal menjelaskan  suhu  panas,  akan  berubah  ketika  dilewati  current  atau voltage.  Termistor  ini juga  memiliki  kemampuan  shut  off  ketika  tegangan  sampai  pada  tingkat  suhu  maksimum. Sementara Resistor Tetap, memiliki nilai resistansi tetap.

2. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Transistor

Ada dua jenis transistor standar, NPN dan PNP, dengan simbol sirkuit yang berbeda. Symbol mengacu  pada  lapisan  bahan  semikonduktor  digunakan  untuk  membuat  transistor. Kebanyakan  transistor  digunakan  saat  ini  adalah  NPN  karena  ini  adalah  jenis  yang  paling mudah untuk dibuat dari silikon.

Sebuah transistor adalah perangkat semikonduktor yang digunakan untuk memperkuat dan mengalihkan sinyal elektronik.  Transistor adalah blok bangunan dasar perangkat elektronik modern, dan kehadirannya di mana-mana dalam sistem elektronik modern. Dalam skema ini transistor diberi label dengan huruf ''V'' untuk kode pemasangan dan kode produk.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Transistor

Kaki  pertama  Base (B)  kaki  kedua colektor  diberi label  (C)  dan emitor (E)  dalam  beberapa skema,  sedangkan  pada  skema  ponsel  tidak,  hanya  akrab  dengan  setiap  kaki.  Untuk penjelasan macam transistor silahkan pelajari lebih dalam bab Komponen Elektronika. 

MOSFET power

MOSFET power seperti dalam gambar di atas  adalah yang paling banyak digunakan dengan tegangan  rendah  (yaitu  kurang  dari  200  V).  Hal  ini  dapat  ditemukan  di  sebagian  besar pasokan  listrik,  DC  ke  DC  converter  dan  tegangan  rendah  pengontrol  sirkuit.  Ada  banyak jenis transistor efek, ini adalah yang umum digunakan dalam rangkaian ponsel.

3. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Capacitors

Dalam  gambar skematik  di bawah  ini anda  melihat ada  dua jenis kapasitor, yang  Polarized dan  Non-terpolarisasi. Capacitor   polarized ditunjukkan  dengan  ''+'' positif  dan'' -''  negatif, yang  berarti  ini  tidak  dapat  dipasang  terbalik, Tanda “ +”'  positif  adalah  untuk  jalur  suplai tegangan  B  +  hanya  dan''  -''  negatif  adalah  untuk  grounding.  Kapasitor  akan  meledak  jika memasangnya ke posisi non-polar.

Non-polarized capacitor adalah  polaritas non-polar  atau tanpa makna posisi kakinya dapat berubah  tanpa  merusak.  Dalam  Skema  Diagram  dinyatakan  sebagai  singkatan  huruf  ''C'' yang bermakna nilai Kapasitansi dan kode pemasangan.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Capacitors

Pada  gambar  di  atas  Polarized  ditunjukkan  dengan  nilai  tegangan  maksimum  yang diinginkan seperti misalnya C7597 1000mF_14V, artinya tegangan maksimum adalah 14 volt dan kapasitansi 1000mF.

Sedangkan  yang  berlabel  Non-  Polarized  tanpa  tegangan  yang  diinginkan.  Contoh:  C2567  22pF


4. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Diode

Ada  banyak  macam  diode  yang  ada.  Dalam  gambar di  bawah  ini  ditunjukkan  dua  macam saja.  Gambar  sebelah  kiri  adalah  symbol  elektronikanya  sedangkan  gambar  kanan  adalah bentuk nyata dari diode tersebut. Dalam rangkaian

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Diode

Penjelasan  singkat  sederhana,  fungsi  alat  ini  adalah;  Menstabilkan  arus  dan  tegangan, mempertahankan  aliran  tegangan  dan  arus,  Rectifier  -  mencegah  tegangan  yang  tidak diinginkan  dan  memurnikannya,  Converter  -  mengkonversi  dari  tegangan  AC  ke  tegangan  DC.

5. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Light Emitting Diode

Ini juga merupakan dioda yang dapat menghasilkan cahaya seperti bola lampu. Sebuah light- emitting  diode  (LED)  merupakan  sumber  cahaya  semikonduktor.  LED  digunakan  sebagai lampu indikator di banyak perangkat, dan sering digunakan untuk penerangan. Akomponen ini memiliki Anoda dan Katoda terminal lead.
Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Light Emitting Diode


6. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Photo Diode

Sebuah fotodioda adalah jenis photodetektor yang mampu mengubah cahaya menjadi arus maupun tegangan,  tergantung  pada modus operasi. Artinya ia memiliki  kemampuan untuk mengubah  energi  cahaya  menjadi  tegangan  atau  arus.  Dalam  rangkaian  ponsel  fotodioda digunakan  sebagai  sensor  untuk  aplikasi  perangkat  tertentu  seperti  misalnya,  switch  off Camera Flash saat siang hari atau ketika mendeteksi bahwa ada sumber cahaya pada daerah tertentu. Photo Diode secara luas digunakan dalam panel surya untuk menghasilkan  energi listrik gratis dari cahaya matahari.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Photo Diode

7. Mengidentifikasi  Simbol  dan  Tata  Letak  DC  to  DC  Voltage  Drivers,  Regulators  dan Converters

Regulator  dan  Converters  DC  ke  DC  dikemas  dalam  chip  BGA  (bola  grid  array)  kecil.  Ini digunakan  untuk  mengkonversi,  mengatur  dan  mendorong  sejumlah  arus-tegangan.  Ia memiliki  kemampuan  untuk  menstabilkan,  mengurangi  atau  meningkatkan  tegangan  di ponsel  memiliki  sinyal  digital  yang  mampu  untuk  beralih  dan  turn  off  seperti  misalnya peralihan  LED  yang  digunakan  untuk  menerangi  Layar  sementara  ponsel  ini  dalam  status digunakan dan mematikannya ketika ponsel tidak digunakan atau pada mode sleep.

Mengidentifikasi  Simbol  dan  Tata  Letak  DC  to  DC  Voltage  Drivers,  Regulators  dan Converters

Ada  berbagai  komponen  baik  dan  dirancang  atau  didesain  yang  sesuai  masing-masing tujuan setiap sirkuit.

Chip

Chip ini juga dapat rusak disebabkan oleh elemen korosif atau jika terjadi hubungan pendek.

8. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak RF Filter

Filter RF adalah jenis rangkaian yang diperlukan dalam berbagai aplikasi dari audio ke RF dan di  seluruh  spektrum  frekuensi.  Filter  RF  merupakan  elemen  penting  dalam  berbagai skenario,  memungkinkan  frekuensi  yang  diperlukan  untuk  melewati  sirkuit,  sementara menolak yang tidak diperlukan.

Ideal filter, apakah itu low pass, high pass, atau band pass filter akan menunjukkan tidak ada kerugian dalam band pass, yaitu frekuensi di bawah cut off frekuensi. Kemudian untuk yang di atas frekuensi adalah apa yang disebut stop band filter yang akan menolak semua sinyal.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak RF Filter


Tipe Dasar RF filter


Ada  empat  jenis  filter yang dapat  didefinisikan.  Setiap  jenis berbeda  dalam  menolak  atau menerima sinyal dengan cara yang berbeda, dan dengan menggunakan jenis yang tepat dari RF  filter  memungkin untuk  menerima sinyal yang  diperlukan  dan menolak  yang yang  tidak diinginkan.

Empat jenis RF Filter adalah:
Low pass filter
High pass filter
Band pass filter
Band reject filter

Sesuai    namanya,  jenis  RF  penyaring  low  pass  filter  hanya  memungkinkan  frekuensi  di bawah frekuensi cut off yang dilewatkan. Hal ini juga dapat dianggap sebagai menolak filter yang  tinggi  karena  menolak  frekuensi  tinggi.  Demikian  pula  High  pass  filter  hanya  dapat dilewati sinyal di atas frekuensi cut off dan menolak yang di bawah frekuensi cut off. Sebuah band  pass  filter  memungkinkan  frekuensi  lewat dalam pass  band  yang diberikan.  Akhirnya Band reject filter menolak sinyal dalam sebuah band tertentu. Hal ini dapat sangat berguna untuk menolak sinyal tertentu yang tidak diinginkan atau set sinyal yang masuk dalam suatu bandwidth.

9. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak EMI-ESD

EMI-Electromagnetic Interference dan ESD-Electrostatic  Discharge adalah paket dalam chip kecil yang disebut oleh banyak teknisi dengan Crystal IC berfungsi seperti kristal kaca. 

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak EMI-ESD

EMI-ESD  filter  digunakan  untuk  melindungi  sirkuit  tertentu  dari  Electromagnetic Interference  berbahaya  dan  Electrostatic  Discharge.  Electromagnetic  Interference disebabkan  oleh  mesin  elecromagnetic  seperti  seperti  gergaji,  blower  listrik  dll  yang memiliki  tingkat  frekuensi  tinggi.  Electrostatic  Discharge  (ESD),  tubuh  manusia  adalah sumber  potensial  elektrostatik  dan  dapat  menyebabkan  kerusakan,  terutama  untuk peralatan semikonduktor saat menyentuhnya.

EMI-ESD Filters

EMI-ESD Filters

EMI-ESD  Filters  dapat  dengan  mudah  rusak  dan  pecah.  EMI-ESD  Filters  sering  digunakan dalam  keypads  sirkuit,  sirkuit  Display,  USB  (Universal  Serial  Bus)  sirkuit  Interface,  sirkuit Removable Flash Memory Devices and Interface dan yang lain yang rentan terhadap bahaya ESD dan EMI.

10. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Clock Crystal Oscillator 

Oscillator
Oscillator adalah  sebuah  rangkaian  komponen  elektronik  yang  memiliki  kemampuan membuat  sinyal  clock  real  time.  Kristal  bergetar  yang  dibuat  dari  bahan  piezoelektrik menghasilkan  maintained  and  sustained  frekuensi  seperti  yang  diterapkan  ke  dalam  jam waktu  nyata  seperti  jam  tangan  kuarsa.  Yang  satu  ini  digunakan  untuk  mempertahankan sistem jam di sirkuit digital dan mempertahankan Frekuensi Radio pemancar dan Penerima.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Clock Crystal Oscillator

Dalam  Cellphones  jika  jam  osilator  rusak  telepon  tidak  dapat  on.  Ponsel  ini  mati,  karena sebagaimana  dinyatakan  di  atas  osilator  yang  mendukung  pada  sirkuit  frekuensi  radio digital.

11. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Battery Cell

Sebuah  back  up  battery  atau  sel  tombol  yang  digunakan  dalam  rangkaian  ponsel  untuk mendukung osilator kristal jam digital. Ini digunakan untuk menjaga jam di status real time. Beberapa ponsel tanpa baterai back-up seperti yang lama harus mengatur ulang lagi setelah melepas atau mengganti baterai. Sebuah sel baterai memiliki dua terminal utama tegangan output yaitu negatif dan positif.

Batrei    ini  biasanya  memiliki  umur  panjang.  Batrei    ini  biasanya  satu  sel  primer  dengan tegangan  nominal  antara  1,5  dan  3  volt.  Bahan  anoda  umum  adalah  seng  atau  lithium. Bahan  katoda  yang  umum  adalah  mangan  dioksida,  oksida  perak,  monofluoride  karbon, oksida  tembaga  atau  oksigen  udara.  Baterai  oksida  merkuri  dulunya  jenis  baterai  umum tetapi telah ditarik dari pemasaran karena kandungan merkurinya berbahaya.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Battery Cell

12. Mengidentifikasi  Simbol  dan  Tata  Letak  Power  Switch,  Microphone,  Earpiece  dan Ring-tone speakers

Komponen  User  Interface  adalah  komponen-komponen  seperti  saklar  daya,  keypad, vibrator, telepon mikrophone, speaker dan nada dering speaker. Komponen ini juga penting tetapi  umumnya cenderung akan mudah mendapat  rusak. Dalam  simbol  di  bawah tombol power dicap sebagai tombol daya, dan juga juga simbol komponen keypad yang merupakan lingkaran dengan dua menunjuk garis bagian dalam berlabel keyboard.

Mengidentifikasi  Simbol  dan  Tata  Letak  Power  Switch,  Microphone,  Earpiece  dan Ring-tone speakers

Di  ponsel  ada  satu  mikrofon  dan  dua  speaker  mikro  yang  digunakan;  Pertama  adalah mikrofon yang menerima suara dan kedua untuk mengirimkan. 

mikrofon dan dua speaker mikro

dua speaker mikro adalah contoh pada gambar di bawah;

dua speaker mikro


dalam  gambari  di  atas  speaker  yang  pertama  adalah  untuk  mendengarkan  yang  disebut earpiece, yang kedua adalah untuk speaker-nada dering.

13. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Fuse/Sekering

Sebuah sekering adalah komponen yang  digunakan  untuk  melindungi  ponsel  dari  arus dan tegangan  tertentu  dari  sirkuit  yang  tidak  diinginkan  yang  tiba-tiba  muncul.  Sekering  akan putus jika sirkuit  tertentu  memiliki resistensi yang  sangat  rendah atau korsleting. Sekering dibuat  dari  kawat  logam  yang  dapat  dengan  mudah  rusak  jika  tegangan  atau  arus  tinggi akan mengalir di atasnya. Sekering ini berlabel huruf "F". Angka 2A dalam gambar di bawah menunjukkan 2 ampere.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Fuse/Sekering

Sebuah sekering sering digunakan dalam sirkuit pengisian dari setiap ponsel. Ponsel ini akan
menunjukkan tidak ada reaksi pengisian jika sekering sudah putus.

14. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Coil

Simbol dari sebuah kumparan (induktor) adalah seperti  garis gelombang yang menekankan bahwa ada komponen berkelok-kelok di sirkuit itu yang berarti bahwa kumparan terhubung di  sana.  Dalam  rangkaian  ponsel  banyak  coil  digunakan  dalam  penyaringan  tegangan  B  + untuk menghindari tegangan dan arus jenuh. Kumparan ini mudah untuk didentifikasi dalam diagram  skematik  karena  mereka  berbentuk  garis  gelombang. Coil ini  diberi  label  dengan huruf "L" yang berarti Induktansi.

Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Coil

Dalam  ponsel  sirkuit  kumparan  juga  rentan  dan  mudah  rusak  seperti  ketika  sedang digunakan  dalam  filtering  line  B  +.  Alat  ini  akan  pecah  atau  putus  jika  terjadi  beberapa sirkuit pendek.

15. Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Integrated  Circuit

Integrated  circuits, juga  disebut  "chip", adalah  sirkuit  elektronik  dimana  semua  komponen (transistor, dioda, resistor dan kapasitor) telah diproduksi di dalam permukaan substrat tipis bahan  semikonduktor.  Integrated  circuits  dirancang  untuk  menghemat  ruang  ekstra  pada elektronik  modern.  Dalam  elektronik,  sebuah  sirkuit  terintegrasi  (juga  dikenal  sebagai  IC, microcircuit, microchip, chip silikon, atau  chip) adalah sirkuit elektronik miniatur  (terutama terdiri dari perangkat semikonduktor,  serta komponen pasif) yang  dipadatkan menjadi satu komponen  kelihatannya.  Integrated  circuits  digunakan  dalam  hampir  semua  peralatan elektronik yang digunakan saat ini dan telah merevolusi dunia elektronik.
Mengidentifikasi Simbol dan Tata Letak Integrated  Circuit

dalam  ponsel chip  dikemas dengan masing-masing  aplikasi  dan mempunyai tujuan  tertentu yang  diinginkan  seperti  Power  Management,  Baseband  Processor,  Application  Processor, Memory Storage, Audio Codec, Bluetooth dan Wi-Fi ciruits.

IC Chips

Beberapa  chip  pack  besar  terdiri  dari  banyak  sirkuit  dan  aplikasi  tertentu  di  dalam  satu tempat  atau  kemasan.  IC  Chips  sangat  halus  untuk  ditangani  jika  rusak,  dibutuhkan pengetahuan  yang  mendalam  dan  sedikit  pemahaman  tentang  bagaimana  chip  bekerja pada sirkuit tertentu. Pengalaman adalah alat terbaik untuk menanganinya.

16. Memahami Sirkuit Terpadu (IC) Mayor pada Mobile Phones


1. Power Management IC

Power  Management  IC  adalah  power  IC,  yang  mengatur,  mengendalikan  dan mendistribusikan Power Supply tegangan dari sumber baterai ke sirkuit terkait lainnya atau ke  chip.  Power  Management  IC  dirancang  untuk  mengkonversi,  mengatur,  menstabilkan tegangan yang mengalir dari dan kepada rangkaian.

Sebuah  catu  daya  IC  Chips  dapat  membagi  dan  mengalikan  tegangan  tertentu  dari  satu sumber  tegangan  yang  diinginkan  untuk  setiap  tegangan  output  daya  yang  diinginkan misalnya  tegangan  baterai  sumber  jumlah  3.7volts  DC  sementara  komponen  chip  atau sirkuit  hanya  membutuhkan  jumlah  1.8  volts,  tegangan  1.8volts  adalah  jumlah  tegangan yang  akan  dikonversi  oleh  Power  Management  IC.  Sebuah  diagram  blok  di  bawah  ini menunjukkan  rincian  singkat  tentang  bagaimana  power  supply  IC  mengubah  dan mendistribusikan tegangan tertentu yang diinginkan dari sumber daya baterai ke sirkuit atau komponen.

Power Management IC

Dalam skematiksnya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini;

skematik

skematik
Gambar di bawah ini adalah tata letak contoh Power Management IC terpasang pada papan sirkuit cetak.

Power Management IC terpasang pada papan sirkuit cetak

Sebuah pengenalan yang  mendalam tentang  bagaimana  chip  ini  bekerja  termasuk  seluruh operasi di dalam  sirkuit  ponsel  juga  merupakan  alat  yang  ampuh dalam  masalah  masalah hardware troubleshooting pada ponsel.

2. Application Processor Pada Ponsel

Sebuah  prosesor  aplikasi  adalah  central  proccessing  unit  (CPU)  seperti  yang  diinstal  pada komputer  pribadi.  Ini  adalah  otak  dan  mengendalikan  semua  jenis  data  dan  informasi aplikasi apapun di sirkuit ponsel. Ini adalah mikroprosesor sirkuit terpadu (IC) chip.

Application Processor Pada Ponsel

LCD  controller,  camera  interface,  serial  interface,  memory  interface,  USB  controller, bluetooth dan wifi controller, dan banyak lagi dikendalikan oleh prosesor aplikasi.


Berikut  ini  adalah  contoh  dari  sebuah  blok  diagram  prosesor  aplikasi  yaitu  tentang bagaimana jenis  IC  bekerja  pada ponsel  sirkuit.  Jenis  aplikasi  yang  umum  digunakan  pada Nokia terbaru umumnya dirancang handset mobile. Deskripsi prosesor aplikasi di bawah ini akan membantu kita memahami bagaimana tertentu ini bekerja IC.
blok diagram prosesor aplikasi

3. OMAP2420 Processor

Prosesor OMAP2420  adalah  prosesor  aplikasi  single-chip  yang  mendukung  semua  standar seluler,  dan  melengkapi  setiap  modem  atau  chipset  dan  antarmuka  udara.  Hal  ini dimaksudkan  untuk  produsen  handset  nirkabel  volume  tinggi  dan  tidak  tersedia  melalui distributor.  OMAP2420  termasuk  manfaat  pengolahan  paralel  OMAP  2  arsitektur, memberikan  pengguna  kemampuan  untuk  langsung  menjalankan  aplikasi  dan mengoperasikan  beberapa  fungsi  sekaligus  tanpa  kompromi  dengan  kualitas  layanan. OM P2420 termasuk prosesor RM1136 terpadu (330 MHz), TI TMS320C55x ™ DSP (220 MHz),  akselerator  grafis  2D/3D,  pencitraan  dan  akselerator  video,  interkoneksi  sistem kinerja tinggi dan periferal standar industri.


4. NAND dan NOR Flash Memories

Ada  dua  jenis  memori  flash,  NOR  dan  NAND.  Nama-nama  mengacu  pada  jenis  gerbang logika  yang  digunakan  dalam  setiap  sel  memori.  (Gerbang  logika  adalah  blok  bangunan fundamental  dari  sirkuit digital).  NOR  flash  memory  pertama  kali diperkenalkan oleh  Intel pada  tahun  1988.  NAND  flash  diperkenalkan  oleh  Toshiba  pada  tahun  1989.  Kedua  chip kerja  secara  berbeda.  NOR  flash  lebih  cepat,  tapi  juga  lebih  mahal  dan  memakan  waktu lebih  lama untuk  menghapus dan  menulis data  baru.  NOR  yang  paling sering  digunakan  di ponsel. NAND memiliki kapasitas penyimpanan secara signifikan lebih tinggi dari NOR. MP3 player, kamera digital dan USB drive menggunakan flash NAND.

NAND dan NOR Flash Memories

5. RAM Pada Ponsel

Random  access  memory  (RAM)  yang  digunakan  di  sirkuit  ponsel  untuk  menyimpan  data- data memori. Ini terbuat dari jutaan transistor dan kapasitor yang dikemas ke dalam sirkuit terpadu  (IC). Transistor  dan  kapasitor  yang  dipasangkan  untuk membuat  sel memori, yang diwakili satu bit data. Kapasitor memegang data bit informasi, 0 atau 1. Transistor bertindak sebagai  switch  yang  memungkinkan  control  circuit  pada  chip  memori  dan  membaca kapasitor.  Dalam  kebanyakan  kasus  bentuk  umum  dari  memori  ponsel  adalah  dinamic random access memory (DRAM). Kebalikan dari RAM adalah Serial Dynamic Random access memory  (SAM).  Memori  SAM menyimpan data sebagai  rangkaian  sel  memori  yang  hanya dapat  diakses  secara  berurutan.  Jika  data  tidak  ada  di  lokasi  saat  ini  setiap  sel  memori memeriksa sampai data yang dibutuhkan ditemukan.
RAM Pada Ponsel

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Iklan

Close x